Kamis, 06 Desember 2012

KHL Depok Naik Jadi Rp.1.7 Juta,UMK Bakal Ikut Naik



   Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok menyatakan bahwa Kebutuhan Hidup Layak (KHL) 2013 naik dari Rp.1.4 juta naik menjadi Rp.1.7 juta.
  “KHL Kota Depok naik.Pemerintah Kota Depok ,serikat pekerja,dan pengusaha telah menyetujui Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Kota Depok 2013 Rp.1.740.457.”kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok,Abdul Haris,Rabu.
  Menurut Haris ,Keputusan itu ditetapkan dalam rapat Dewan Pengupahan yang ia pimpin.Proses penentuannya sudah memakan waktu yang lama,namun keputusan akhir diambil pekan lalu.
Haris menyatakan dangan naiknya KHL,maka UMK Depok kemungkinan besar juga akan naik.Meski begitu nilai UMK Depok belum ditentukan.
   Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Depok , Sugino mengatakan saat ini UMK Depok masih dalam proses pembahasan .Sesuai dengan Peraturan Mentri Tenaga Kerja Tahun 19999.UMK Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi akan saling menyesuaikan.
  “Jika daerah sekitarnya tinggi ,Depok juga akan tinggi (UMK-nya).Tapi sampai saat ini belum ada kepastian kisaran angkanya.Serikat Pekerja sedang menunggu keputusan UMK DKI Jakarta.DKI tanggal 2 November nanti,patokan kami adalah DKI .”paparnya.
  Sugino menjamin tidak aka nada kekisruhan jika pemerintah tetap berkoordinasi dengan buruh.Jika koordinasi tetap terjalin ,buruh Depok tidak akan Demo.
Sementara itu Wali Kota Depok ,Nur Mahmudi Ismail,menyatakan bahwa pemerintah Kota Depok menjamin akan menentukan Upah Minimum Kota (UMK) secara bijaksana untuk menghindari kerusuhan tuntutan buruh seperti yang terjadi di Bogor.
  Dia juga membuka diri unutk berdialog dengan buruh menentukan untuk UMK Tahun 2013 “Jika ada tuntutan Rp.2.2 juta maka besaran upah buruh itu nantinya harus atas dasar kesepakatan bersama.Kami akan melakukan dialogsecara komperhensif .Dalam hal ini akan berkomunikasi dengan serikat pekerja ,pengusaha,dan pemerintah.”paparnya
  Analisa : Kenaikan KHL sesegera mungkin dilakukan hal tersebut berdasarkan tuntutan ekonomi jaman sekarang yang semua kebutuhan bahan pokok semakin mahal,serta Buruh yang bekerja dengan sangat keras rasanya juga tidak adil jika di gaji dengan upah yang minim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar