Minggu, 02 Oktober 2011

CONTOH DAN PENYEBAB BANK KOLAPS

CONTOH DAN PENYEBAB BANK KOLAPS
Bank Century adalah Bank yang sedang naik daun tentang skandal besarnya yaitu kebangkrutan / kolaps pada tahun 2008.Hal ini di sebab karena beberapa hal/dugaan yang di perbincangkan masyarakat.
ada yang menyebutkan Kelalaian manajemen Bank Century, artinya kebangkrutan Bank Century itu adalah akibat dari kesalahan dalam mengelola dan mengurus Bank tersebut,kelalaian tersebut membuat banyak sekali dampak.
Bank Century kalah kliring,Kliring adalah pertukaran alat tarik/instrument Bank yang di lakukan antar Bank di BI.intinya antara uang yang harus di bayarkan itu lebih besar dari pada yang di terima atau bahasa lainya itu deposan lebih besar melakukan penarikan dari pada penabungan sehingga terjadi kalah kliring.
Penyimpangan manajemen internal/external , hal ini di sebabkan karena penyalah gunaan dana yang sudah dipinjamkan kepada nasabah yang sebenarnya kegunaanya tidak dapat di pertanggung jawabkan,sehingga tidak bisa mengembalikan dana pada waktu yang sudah di tentukan oleh Bank (penyimpangan internal) .Melakukan perdagangan obligasi di wilayah bursa (penyimpangan external).
Tidak tercukupinya rasio modal di Bank tersebut, jadi ketika modal yang di miliki Bank tersebut melampaui dari investasi Bank kepada nasabah maka Bank bisa di katakana kolaps.Dilihat dari kasus Century hal ini pun juga terjadi sehingga Bank Century mendapatkan dana talangan dari BI sebesar 6,7 triliun.
Lemahnya pengawasan BI,contohnya adalah terjadinya transaksi external bank yang tidak dapat di monitor.maksudnya Bank Century melakukan penyimpangan dalam hal transaksi peminjaman dana.
Apabila masih terdapat perilaku perbankan yang seperti century lakukan maka akan lebih banyak Bank-bank kolaps.Dan untuk menghindarinya problema di atas maka perlu Meningkatkan pengawsan BI ,melakukan transaksi sesuai dengan prosedur yang ada,meningkat kemampuan untuk manajemen Bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar