Sabtu, 25 Desember 2010

TREND DALAM MEMULAI BISNIS KECIL


TREND DALAM MEMULAI BISNIS KECIL

Bisnis kecil adalah bisnis yang modal awalnya kecil dan hanya mempunyai sedikit staf. Staf terbatas tersebut berbeda untuk bidang yang berbeda. Bisnis tersebut umumnya dimiliki oleh individu atau memulai pada kemitraan. Kriteria lain untuk menentukan bisnis kecil adalah omset dan keuntungan. Semakin sedikit omset atau keuntungan, semakin kecil bisnis.
Dasar-dasar bisnis yang sukses adalah biasa dilakukan modifikasi sesuatu. Dalam bisnis kecil modifikasi ini dapat dengan mudah dilakukan sebagai salah satu perlu tidaknya mengikuti trend.
Untuk mengawali / memulai bisnis kecil ada beberapa yang harus di persiapkan antara lain :
1. Do your homework
Maksudnya adalah mencoba untuk cari tau, tanya-tanya dan amati dulu. Bergabung dalam milis atau forum yang sesuai di mana ada banyak «ahli» yang akan memberi saran. Buat draf business plan untuk memberi gambaran jelas tentang produk/jasa apa yang hendak ditawarkan.
2. Surat-surat
Harus mempersiapkan berbagai surat-surat yang diperlukan. Antara lain mendapat izin usaha dari pemerintah setempat. Anda juga harus sudah menentukan nama untuk bisnis baru anda.
3. Mempersiapkan keuangan
Modal terbaik adalah dengan menggunakan uang yang anda miliki. Karena itu akan membawa keringanan tersendiri bagi yang menjalankan bisnis.Jika tidak dengan kata lain meminjam uang dari bank atu rentenir dan lain-lain. itu hanya akan mencekik dalam sisi bunga yang akan di tetapkan.
4. Pilih tempat
Pemilihan lokasi atau tempat merupakan salah satu aspek yang perlu di perhatikan dalam arti memilih tempat yang strategis di mana memiliki lokasi dengan lalu lintas orang yang cukup tinggi.dan Dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu kenyamanan pengunjung seperti ruang parkir dan keamanan.
5. Kelola aliran uang (cash flow)
Satu hal yang sering menjadi pembunuh untuk bisnis yang baru beranjak adalah pengeluaran yang terlalu tinggi, maka di sini perlu dengan adanya pembelian suatu kebutuhan dengan cara di minimalisir serendah mungkin dalam pengeluarannya.Mungkin, bias di lakukan dengan cara mempertimbangkan untuk membeli barang-barang bekas atau bias juga cari info tentang pelelangan barang kantor, dan lain-lain.

6. Pasar
Pemasaran bisnis ini dapat menggunakan metode pelanggan arahan , publisitas dari mulut ke mulut, radio, Koran, internet, papan dan lain-lain. Hal ini berhubungan dengan cash flow.dengan tujuan agar pengeluarannya lebih efesien.
Contoh trens bisnis kecil :
Bisnis internet : Bisnis ini merupakan bisnis yang sedang trend sekarang, di mana bisnis ini memiliki pangsa pasar yang relative tinggi dan banyak di nikmati.Di perkirakan bisnis ini masih akan marak dan berkembang di tahun berikutnya, karena, bisnis ini masih bermodal rendah, tapi memiliki potensi mBeragam jenis social media, terutama blog, Facebook dan Twitter akan menjadi pendorong utama kesuksesan berbisnis di internetodal kembali dengan cepat dan berkesinambungan. Tak lagi cukup hanya mengandalkan website atau toko online untuk berjualan di internet. Blog justru yang akan memainkan peranan lebih besar. Sifatnya yang lebih interaktif dan dinamis membuat blog lebih disukai pengunjung, ketimbang website yang kaku.

Satu lagi yang penting adalah: interaktif! Pengakses internet sekarang tak lagi mau sebatas menerima dan jadi konsumen yang pasif. Tapi mereka ingin ikut berpartisipasi, ikut mengambil peran. Mereka ingin lebih aktif saat berada di dunia maya, baik lewat saling tengok blog maupun saling berkomentar.
Selain blog, peranan social bookmark dan social network untuk bisnis internet akan makin penting. Kedua jenis social media ini biasanya diikuti oleh anggota yang sangat besar. Kemampuan Anda mengenali social media yang sesuai dengan target market Anda, akan sangat menentukan kesuksesan bisnis internet Anda. Sebab, dengan jumlah pengikut yang besar, pastinya tersimpan potensi traffic yang bisa beralih menjadi konsumen.
Adanya social networking dan social bookmark lokal seperti www.fupei.com dan www.lintasberita.com akan sangat memudahkan Anda, bila memang target marketnya adalah lokal. Di samping, tentu tetap dibutuhkan kejelian memilih pangsa pasar potensial yang lebih spesifik dan belum banyak dilirik.
Jika Anda belum beralih ke social media, sekarang saatnya mulai. Jangan ragu lagi untuk bergabung dan aktif di social media. Sebab, ini saluran paling ampuh pendorong kesuksesan bisnis internet Anda. Kemampuan Anda memanfaatkan social media sangat menentukan kesuksesan bisnis internet Anda di tahun 2010 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar